(tugas soft skill)

JAKARTA,JUMAT – Jumlah penduduk Indonesia telah mencapai 225 juta jiwa, jumlah ini menempatkan Indonesia pada peringkat empat jumlah penduduk terbesar di dunia. Tanpa pengendalian kependudukan diperkirakan angka itu akan semakin membengkak dan akan mencapai angka 270 juta jiwa pada tahun 2015. Bahkan saat ini Indonesia sedang menghadapi lampu kuning masalah kependudukan.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Sugiri Syarief, dalam jumpa pers peringatan Hari Kependudukan Dunia 2008, Jumat (11/7) di Gedung BKKBN Pusat Jakarta Timur. “Indonesia bukan saja  menghadapi besarnya jumlah penduduk, tetapi yang juga memprihatinkan adalah masih rendahnya kualitas SDM kita,” ungkap Sugiri.

Setiap tahunnya, angka pertumbuhan penduduk Indonesia bertambah sama dengan jumlah seluruh penduduk Singapura saat ini, yakni 3,5 juta jiwa per tahun.

Menurut data kependudukan Internasional penduduk Dunia tahun 2006 mencapai 5,6 miliar jiwa. Sebanyak 4 miliar jiwa diantaranya tinggal di Asia. Angka itu semakin bertambah tiap tahunnya dan diperkirakan lima tahun lagi dunia bakal menyentuh angka 7 miliar jiwa.

Penduduk DKI

Sementara itu jumlah penduduk DKI Jakarta, pada tahun ini sudah mencapai 8,872 juta jiwa naik dibandingkan jumlah tahun 2007 lalu sebanayk 8,814 juta jiwa. Padahal, selama kurun waktu 1990 sampai 2000 DKI Jakarta, berhasil mencegah kelahiran sebanyak 1,88 juta jiwa.

Jika kelahiran itu terjadi maka untuk kebutruhan perndidikan dan kesehatan dasar, Pemerintah dan masyarakat DKI harus mengeluarkan biaya Rp 2,59 triliun untuk pendidikan dasar dan Rp 3,30 triliun  untuk pelayanan kesehatan dasar. “Memang belum ada data terbaru, mungkin dua bulan lagi akan keluar dengan lengkap,” ujar  Sugiri. (C10-08)

-sumber : http://www.kompas.com/

menurut saya juka jumlah penduduk tidak terkendali maka akan menimbulkan masalah di kemudian hari seperti tidak seimbangnya antara jumlah penduduk dengan lapangan pekerjaan yang tersedia, lahan hijau terus berkurang untuk di jadikan pemukiman penduduk dan masalah lainnya sehingga hal ini akan berdampak pada kehancuran suatu negara