Jenis Film : Biografi ,Drama
Produser : Raam Punjabi
Homepage : http:// http://www.sangpencerahthemovie.com
Pemain : Lukman Sardi, Zaskia A. Mecca, Slamet Rahardjo, Giring Nidji, Ihsan Idol, Ikranegara, Sudjiwo Tedjo Sutradara : Hanung Bramantyo Penulis : Hanung Bramantyo

Sinopsis:

Seting waktu dalam film ini adalah antara tahun 1867 -1912 di Daerah Istimewa Yogyakarta. film ini menceritakan tentang Darwis muda (Ihsan Taroreh) mengubah namanya menjadi Ahmad Dahlan. Seorang pemuda usia 21 tahun yang gelisah atas pelaksanaan syariat Islam yang melenceng ke arah Bid’ah /sesat yang kita kenal sebagai “Islam kejawen”.

Melalui Surau nya Ahmad Dahlan (Lukman Sardi) mengawali pergerakan dengan mengubah arah kiblat yang salah di Masjid Besar Kauman ,hal ini menyebabkan Kyai Penghulu Kamaludiningrat (Slamet Rahardjo) murka sehingga surau Ahmad Dahlan dirobohkan karena dia dianggap menyebarkan aliran sesat.

Selain itu, Ahmad Dahlan juga dituduh sebagai kyai kafir hanya karena  membuka sekolah yang menempatkan muridnya untuk duduk di kursi seperti sekolah modern Belanda dan juga karena dia dekat dengan lingkungan cendekiawan Jawa di Budi Utomo yang mayoritas non Muslim. Tapi tuduhan tersebut tidak membuat Ahmad Dahlan surut. Dengan ditemani isteri nya, Siti Walidah (Zaskia Adya Mecca) dan lima murid murid setianya : Sudja (Giring Nidji), Sangidu (Ricky Perdana), Fahrudin (Mario Irwinsyah), Hisyam (Dennis Adishwara) dan Dirjo (Abdurrahman Arif), Ahmad Dahlan membentuk organisasi Muhammadiyah dengan tujuan mendidik umat Islam agar berpikiran maju sesuai dengan perkembangan zaman serta mengajarkan syari’at islam yang sesungguhnya yang berpatokan pada AL-Quran dan Hadist Nabi Muhamad saw.